SORADEM

Rp 95.000

Penulis : Agus Sulistyo
Tahun Terbit : 2021
ISBN : 978-602-5583-55-1
Ukuran Buku : 14,5 x 20,5 cm
Jumlah Halaman : 220 halaman
Kertas Kover : Ivory 260 gram, full colour, laminasi doff, soft cover
Kertas Isi : Book paper 57 Gram
Finishing : Perfect binding, wrapping

Temukan di Google Play Buku

Kehidupan demokrasi di Solo bukan sekadar bentuk cangkokan dari luar, melainkan kelanjutan dari tradisi demokrasi yang telah tumbuh dan mengakar jauh sebelum kemerdekaan (Aidul: 2016).

Sebagai kota yang demokratis, warga Solo memiliki antusiasme dan keterlibatan relatif tinggi dalam setiap peristiwa politik. Peran media lokal yang aspiratif, masyarakat sipil yang partisipatif, dunia usaha yang terus bertumbuh, serta para tokoh politik yang artikulatif maka peristiwa politik dapat berlangsung secara damai dan demokratis. Oleh karena itu, Kota Ramah Demokrasi layak disematkan bagi Solo, kota yang mempunyai histori kota kerajaan bercorak urban.

Di sisi lain, masuknya peradaban baru yaitu demokrasi digital dan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi yang turut memberikan warna baru dalam kehidupan demokrasi semakin mengemuka. Partisipasi politik dilakukan secara online sebagai bentuk kepedulian merespons situasi yang sedang berkembang. Tata kelola pemerintahan, strategi kampanye, virtual branding, polarisasi opini publik, hingga mobilisasi politik, menjadi trend politik yang masif dengan menggunakan teknologi digital.

Suara pemilih tidak lagi terbatasi pada ruang administratif kependudukan, karena opini pemilih bisa sangat dipengaruhi oleh respons dari warga di luar arena pertarungan yaitu netizen yang tidak memiliki hak pilih sekalipun. Inilah wajah demokrasi digital, demokrasi rasa kota yang masuk dalam kehidupan menjadi era baru dalam sejarah manusia sekaligus masa depan dunia itu sendiri.

Buku yang berada di tangan Anda saat ini, Soradem: Solo Ramah Demokrasi, Potret Demokrasi Kota, menghadirkan ulasan mengenai praktik demokrasi kota yang diambil dari sebagian partisipasi politik ala masyarakat Kota Solo, tentang demokrasi digital, serta hal ihwal kepemiluan. Ditulis oleh Agus Sulistyo, sosok berpengalaman di bidang kepemiluan yang tulisannya kerap menghiasi media massa. Jika sebelumnya Anda menjumpai tulisan penulis dalam bentuk artikel di beberapa media cetak, kini saat yang tepat untuk membacanya dalam bentuk buku.

Scroll to Top