Watusomo: Cerita Rakyat Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri

Rp 50.000

Penulis : Kun Prastowo
ISBN : 978-602-5583-62-9
Tahun Terbit : 2021
Ukuran Buku : 14,5 x 20,5 cm
Jumlah Halaman : 110 Halaman
Kertas Kover : Ivory 260 gr, full Colour, laminasi doff, Soft Cover
Kertas Isi : Book Paper 57 Gram
Finishing : Perfect Bending, Wrapping

Cerita rakyat memiliki peranan penting sebagai pengukuh nilai-nilai sosial budaya yang berlaku dalam masyarakat. Biasanya, terdapat ajaran-ajaran etika dan moral yang bisa dipakai sebagai pedoman. Di samping itu, cerita rakyat juga menjadi hiburan karena dialog yang terbangun antar-tokoh, latar, serta alur cerita yang dibawakan mampu menggunggah rasa penasaran ataupun emosi pembaca.

Wonogiri, salah satu kabupaten di Jawa Tengah, selain terkenal akan daerah pegunungannya yang sejuk dan dijadikan objek destinasi wisata favorit, juga menyimpan beragam cerita rakyat yang sarat akan pengajaran bagi masyarakat luas. Cerita rakyat tersebut terawat dalam bentuk manuskrip asli yang dianggit sesepuh serta dihidupkan melalui lisan masyarakat.

Dalam buku berjudul Watusomo ini, dihadirkan empat cerita rakyat yang masyhur di Wonogiri, yakni cerita rakyat dari Desa Sokoboyo, cerita rakyat Desa Pandan, cerita rakyat Kecamatan Slogohimo, dan cerita rakyat Watusomo. Setiap cerita berusaha dikemas dengan bahasa lugas serta alur yang mengalir, sehingga dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi pembaca dalam menjelajahi khazanah cerita Wonogiri di masa lampau.

Buku tentu diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pelestarian cerita rakyat yang ada di Wonogiri serta manfaat yang terus bagi pembaca dan masyarakat luas.

Scroll to Top